Tuesday , 22 August 2017

Info Terbaru

LAYANAN LABORATORIUM KATETERISASI (CATHLAB) RS UNIV. AIRLANGGA SURABAYA

March 15, 2017 11:13 am Category: Artikel Kesehatan, Berita & Informasi

 

Sejak dibuka pada tahun 2012, laboratorium kateterisasi (CathLab) RS Univ.Airlangga telah melakukan tindakan sebanyak 300 lebih kasus, baik diagnostik maupun intervensi. Salah satu tindakan kateterisasi diagnostik jantung yang akurat dan paling sering dilakukan adalah DCA (Diagnostic Coronary Angiography). DCA dilakukan oleh dokter spesialis kardiologi intervensi yang tersertifikasi, bertujuan untuk mengvisualisasikan anatomi untuk mengetahui kondisi dari pembuluh darah arteri koroner, termasuk penyempitan (stenosis), masuknya sebagian arteri koroner ke dalam otot jantung (myocardial bidging), atau menumpuknya kalsium dalam dinding arteri koroner (calcification), pelebaran pembuluh darah ( ektasis dan aneurysm ) dan sebagainya. Tindakan ini dilakukan di dalam ruang operasi khusus yang dinamakan laboratorium kateterisasi (CathLab). Ruangan ini memiliki sinar X dan mesin pencitraan khusus yang tidak dimiliki oleh ruang operasi biasa.
Selama prosedur dilakukan, penderita akan tetap tersadar selama tindakan berlangsung, dan dapat berinteraksi langsung dengan dokter. Hasil pemeriksaan akan dijelaskan langsung di tempat dan hasil imaging dari proses angiography beserta laporan tertulis akan diberikan segera setelah tindakan yang membutuhkan waktu kurang dari 20 menit Akses dapat dilakukan melalui pembuluh arteri pergelangan tangan, lengan, maupun paha. Untuk sebagian besar kasus yang dapat dilakukan melalui arteri pada pergelangan tangan, anda diperbolehkan pulang 3-4 jam setelah tindakan dilakukan. Tindakan DCA tidak memakan waktu yang lama dan hanya membutuhkan maksimal satu hari perawatan setelah prosedur dilakukan, apabila kondisi stabil.
Biaya untuk pemeriksaan canggih ini cukup terjangkau, hanya dengan kisaran 10 juta rupiah atau sepenuhnya ditanggung dengan asuransi bpjs, anda dapat memeriksakan kondisi arteri koroner jantung anda, sebagai salah satu kewaspadaan terhadap penyakit jantung koroner (PJK). Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (031) 5916290.

LAYANAN LABORATORIUM KATETERISASI (CATHLAB) RS UNIV. AIRLANGGA SURABAYA Reviewed by on .   Sejak dibuka pada tahun 2012, laboratorium kateterisasi (CathLab) RS Univ.Airlangga telah melakukan tindakan sebanyak 300 lebih kasus, baik diagnostik ma   Sejak dibuka pada tahun 2012, laboratorium kateterisasi (CathLab) RS Univ.Airlangga telah melakukan tindakan sebanyak 300 lebih kasus, baik diagnostik ma Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top