Saturday , 31 October 2020

Info Terbaru

JELANG PON XX, RS UNAIR BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA 750 ATLET DAN PELATIH YANG AKAN BERLAGA

December 22, 2019 2:26 pm Category: Agenda & Event, Berita & Informasi, Slideshow

Rumah Sakit Universitas Airlangga ( RS UNAIR) memberikan pembekalan kepada 750 atlet dan pelatih dari seluruh Jawa Timur (JATIM) . Dengan mengusung tema “Pembekalan dan Penatalaksanaan Penyakit Berbahaya Lainnya di Papua” kegiatan ini berlangsung di Aula kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) JATIM. Pembekalan dilakukan selama tiga  hari yakni sejak tanggal 19-21 Desember 2019 dari pukul 09.00-11.00 WIB.  

Peserta  pembekalan terdiri dari  seluruh atlet , pelatih dan official  pemusatan latihan daerah (PUSLATDA)  dan cabang olahraga  pembinaan khusus (BINSUS) yang belum masuk PUSLATDA. Narasumber dalam pembekalan adalah KSM Ilmu Penyakit Dalam RS UNAIR. Hari pertama materi pembekalan dibawakan oleh dr. Erika Mafriani, Sp.PD,  hari kedua  dibawakan oleh dr Tri Pudy Asmarawati, Sp.PD dan hari terakhir materi dibawakan oleh dr. Brian Eka Rachman, Sp.PD.

dr Tri Pudy Asmarawati, Sp.PD membawakan materi pembekalan

Materi yang disampaikan  meliputi materi tentang penyakit Malaria, Demam Berdarah Dengue dan juga penyakit HIV/AIDS. Pada hari pertama pembekalan, disampaikan oleh, dr. Erika Mafriani, Sp.Pd,  penyakit Malaria merupakan salah satu penyakit yang mengancam jiwa yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Berdasarkan data dari Ditjen Pencegahan Penanggulangan Penyakit, Kementerian  Kesehatan RI 2015, Annual Parasite Incide tahun 2015 menurut provinsi,  Papua dan Papua Barat merupakan wilayah yang masih endemis malaria dan masuk zona merah.

Sementara Demam Berdarah Dengue (DBD)  adalah infeksi virus yang disebabkan oleh  virus dengue. Ada 4 macam virus dengue. Berbeda dengan penyakit malaria, penyakit DBD di transmisikan melalui gigitan infektif nyamuk Aedes Betina. Penyakit DBD tidak dapat disebarkan langsung dari manusia untuk manusia. Selain mendapatkan edukasi mengenai penyakit malaria dan DBD, peserta juga mendapat edukasi mengenai pencegahan  dan perlindungan pribadi yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut.

dr. Brian Eka Rachman, Sp.PD menyampaikan materi pembekalan

terakhir yang dibawakan yaitu tentang penyakit HIV/ AIDS. HIV merupakan  nama virus yang merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh HIV yang menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Cara penularan HIV bisa melalui darah dan cairan kelamin, seperti transfusi darah tanpa screening,  pemakaian jarum suntik secara bergantian, penularan dari ibu HIV positif  ke anak dan juga seks bebas yang tidak aman. Selain itu dalam pembekalan juga disampaikan pula cara pencegahan  HIV dan tindakan yang bisa dilakukan jika seseorang berisiko terkena HIV. (ari)

JELANG PON XX, RS UNAIR BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA 750 ATLET DAN PELATIH YANG AKAN BERLAGA Reviewed by on . Rumah Sakit Universitas Airlangga ( RS UNAIR) memberikan pembekalan kepada 750 atlet dan pelatih dari seluruh Jawa Timur (JATIM) . Dengan mengusung tema “Pembek Rumah Sakit Universitas Airlangga ( RS UNAIR) memberikan pembekalan kepada 750 atlet dan pelatih dari seluruh Jawa Timur (JATIM) . Dengan mengusung tema “Pembek Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top