Thursday , 23 November 2017

Info Terbaru

Kelas EdukASI Rumah Sakit Universitas Airlangga bersama AIMI JATIM (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Jawa Timur)

August 2, 2015 7:55 am Category: Agenda & Event, Slideshow

kelas EdukASI(Dokumen Pribadi : dr. Astri Pramarini, IBCLC sebagai Ketua AIMI JATIM)

Mengutip dari aimi-asi.org bahwa pada tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia (PAS) atau World Breastfeeding Week (WBW), dan tema yang diusung seluruh negara setiap tahunnya sama, namun pada tahun ini tema yang diusung adalah “Menyusui dan Bekerja : Mari Kita Sukseskan!”

Seperti yang kita tahu bahwa ASI sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan si bayi, ibu dan juga dari segi ekonomi keluarga. Sehingga memberikan ASI Eksklusif harusnya bisa dilakukan oleh semua ibu di dunia, baik yang mengurus anak secara full time atau ibu bekerja yang harus meninggalkan anaknya di rumah.

Banyak pertanyaan di masyarakat, bagaimana ibu yang bekerja di luar rumah bisa memberikan ASI Eksklusif kepada anaknya? Untuk itu Rumah Sakit Universitas Airlangga mempunyai program khusus yang bekerja sama dengan AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Jawa Timur memberikan kelas EdukASI pada minggu ke-empat di setiap bulannya bertempat di Poli Obgyn (Unit Rawat Jalan Universitas Airlangga).

Bertepatan pada bulan Juli kemarin di minggu ke-empat, ketua AIMI-JATIM dr. Astri Pramarini, IBCLC, datang langsung ke RSUA untuk memberikan materi mengenai ASI Eksklusif, dimulai dari pengertian ASI Eksklusif, IMD (Inisiasi Menyusu Dini), manfaat ASI, kandungan ASI, cara menyusui yang benar, cara menyimpan ASI (ASI Perah) dllsb. Sebagian besar peserta merupakan ibu yang bekerja, mereka sangat antusias mengikuti kelas EdukASI ini, tidak hanya ibu-ibu yang mengikuti tapi para suami juga sangat mendukung jika istrinya memberikan ASI Eksklusif untuk putra-putrinya nanti.

kelas EdukASI (Dokumen Pribadi : dr. Astri Pramarini, IBCLC sebagai Ketua AIMI JATIM)

ASI dapat disimpan di lemari pendingin, dengan ketahanan berbeda antara bagian freezer dan bagian bawahnya. ASI beku sebelum diberikan kepada bayi sebaiknya didiamkan dahulu di suhu udara ruangan dan bisa juga direndam pada air yang hangat. ASI yang sudah dikeluarkan dari dalam lemari pendingin sebaiknya tidak masuk lagi ke dalam, dan apabila tidak habis sebaiknya dibuang. Dan masih banyak tips yang diberikan di kelas ini, selain itu juga diberikan kesempatan untuk peserta untuk berkonsultasi langsung mengenai masalah yang dihadapi selama memberikan ASI.

Memberikan ASI bukan hanya tugas seorang ibu akan tetapi keluarga dan masyarakat juga harus ikut berperan andil dalam menyukseskan program ASI Eksklusif ini. Selain memberikan kelas EdukASI Rumah Sakit Universitas Airlangga juga menyediakan fasilitas untuk ibu menyusui berupa ruang laktasi, di mana ibu-ibu bisa menyusui anaknya dengan nyaman dan juga disediakan lemari pendingin untuk pegawai yang ingin menyimpan ASI saat bekerja

 

Penulis : Kartika Dewi Purnamasari, S.Keb.,Bd.

Kelas EdukASI Rumah Sakit Universitas Airlangga bersama AIMI JATIM (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Jawa Timur) Reviewed by on . (Dokumen Pribadi : dr. Astri Pramarini, IBCLC sebagai Ketua AIMI JATIM) Mengutip dari aimi-asi.org bahwa pada tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI (Dokumen Pribadi : dr. Astri Pramarini, IBCLC sebagai Ketua AIMI JATIM) Mengutip dari aimi-asi.org bahwa pada tanggal 1-7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top