Thursday , 24 October 2019

Kelas Ibu Hamil Poli Kandungan Rumah Sakit UNAIR

February 19, 2015 6:20 am Category: Agenda & Event, Berita & Informasi, Slideshow

Antenatal Class (Kelas Ibu Hamil) Poli Kandungan Rumah Sakit Universitas Airlangga
“Penyuluhan Kesehatan mengenai ASI Eksklusif”

Oleh : Kartika Dewi P., S.Keb., Bd.

ATT_1424164641449_20150129_084156

Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya merupakan salah satu rumah sakit yang mempunyai kriteria Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi. Program unggulan dari Rumah Sakit Universitas Airlangga ini antara lain : rumah sakit yang mendukung program IMD (Inisiasi Menyusui Dini), ASI eksklusif tanpa susu formula, melakukan rawat gabung antara ibu dan bayi, dan mempunyai kelompok pendukung ASI.

20150129_092012

Dengan mengusung Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi tersebut, tim PKRS (Penyuluh Kesehatan Rumah Sakit) yang bekerja sama dengan bidan Poli Kandungan mengadakan program unggulan lain yaitu kelas Ibu hamil yang diadakan secara rutin setiap bulan. Kelas ibu hamil ini dibentuk untuk memfasilitasi ibu hamil dan suami untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai ilmu kesehatan terutama yang berkaitan dengan perkembangan ilmu kehamilan, kandungan dan anak. Mereka akan difasilitasi tanya jawab dengan narasumber dan juga praktik tentang materi kesehatan ibu dan anak.

ATT_1424164565986_20150129_091915

Pada kelas hamil yang pertama yang diadakan pada tanggal 29 Januari 2015, tim PKRS mengadakan penyuluhan kesehatan mengenai ASI Eksklusif. Pembicara dalam materi tersebut adalah salah seorang dokter Anak yang merupakan anggota dari kelompok Pendukung ASI, dr. Enny Zuraida, Sp.A. Dalam penyuluhan ini disampaikan bagaimana pentingnya ASI eksklusif. Dalam masyarakat kita, masih banyak kita jumpai bayi yang belum berumur 6 bulan sudah diberikan makanan selain ASI, padahal kandungan ASI saja mampu mencukupi semua kebutuhan bayi sampai berumur 6 bulan. Terlebih manfaatnya tidak hanya bagi bayi tapi juga kepada ibu dan keluarga. Kandungan ASI mempunyai 100 macam zat yang sangat baik untuk kesehatan bayi, mempunyai antibodi untuk memberikan kekebalan kepada bayi, yang tidak bisa ditirukan oleh susu formula manapun. Dari segi ibu, manfaat ASI eksklusif adalah menunjukkan sikap percaya diri ibu dengan memberikan kasih sayang secara langsung kepada bayinya dan membantu mempercepat pemulihan kandungannya setelah melahirkan. Dari segi ekonomis, dengan ASI eksklusif ibu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula yang mahal dan juga peralatan untuk membuat susu formula tersebut.

ATT_1424164403490_20150129_095436

Selain memberikan penyuluhan diadakan juga praktik bagaimana cara memberikan ASI dengan baik dan benar. Bagaimana memasukkan mulut bayi ke puting ibu sehingga tidak lecet dan bayi puas saat minum ASI, bagaimana mengetahui bayi sudah merasa cukup mengenai ASI nya, dan bagaimana menyimpan ASI yang baik dan benar untuk ibu bekerja. Peserta sangat antusias mengikuti kelas ibu hamil ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber dan juga saling berbagi pengalamannya saat menyusui bayinya. Kelas ibu hamil ini akan rutin diadakan setiap bulan dengan materi yang berbeda seputar kesehatan ibu dan anak dan tentunya dengan narasumber yang sangat ahli di bidangnya. (Tim PKRS/Bidan).

20150129_100350

Penulis : Kartika Dewi P., S.Keb., Bd

Kelas Ibu Hamil Poli Kandungan Rumah Sakit UNAIR Reviewed by on . Antenatal Class (Kelas Ibu Hamil) Poli Kandungan Rumah Sakit Universitas Airlangga “Penyuluhan Kesehatan mengenai ASI Eksklusif” Oleh : Kartika Dewi P., S.Keb., Antenatal Class (Kelas Ibu Hamil) Poli Kandungan Rumah Sakit Universitas Airlangga “Penyuluhan Kesehatan mengenai ASI Eksklusif” Oleh : Kartika Dewi P., S.Keb., Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top