Sunday , 22 October 2017

Info Terbaru

Laboratorium Rumah Sakit Universitas Airlangga

Laboratorium adalah unit pemeriksaan diagnostik untuk membantu menegakkan diagnosis yang ditangani oleh dokter spesialis patologi klinik, patologi anatomi, parasitologi, dan mikrobiologi yang berpengalaman serta para laboran yang kompeten. Akurasi hasil pemeriksaan menjadi tujuan kami. Beberapa diagnosis yang dikerjakan di dalam laboratorium diantaranya:

Urinalisis
Tes ini dilakukan pada sampel urin pasien untuk diagnosis infeksi saluran kemih, batu ginjal, skrining dan evaluasi berbagai jenis penyakit ginjal, memantau perkembangan penyakit sepertti diabetes mellitus. Bisa juga diakukan untuk skrining kesehatan umum. Urinalisis meliputi
– urin lengkap
– glukosa
– protein
– sedimen urine

Hematologi
Pemeriksaan hematologi bertujuan mengetahui sel darah dan bagiannya termasuk fungsi fisiologisnya, antara lain sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan lain sebagainya. Pemeriksaan hematologi merupakan pemeriksaan ritun yang digunakan untuk screening awal maupun pemeriksaan lanjutan.Pemeriksaan hematologi menggunakan metode Electric Resistance Detecting (Hydro Dynamic Focusing), Flow Cytometry dengan Semiconductor Laser, dan SLS-Hemoglobin. Kemampuan pemeriksaan hingga 21 parameter. Teknologi yang digunakan mampu menghitung dan mengidentifikasi sel-sel darah secara otomatis, berkecepatan tinggi, dan hasil analisis yang akurat. Hasi pemeriksaan dapat digunakan untuk mengetahui adanya kelainan morfologi sel-sel darah yang sangat berguna untuk melihat gambaran penyakit kelainan darah.

Kimia Klinik
Pemeriksaan kimia klinik digunakan untuk menganalisa zat kimia organic yang terlarut dalam darah. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui fungsi hati, profil lemak, fungus ginjal & asam urat, gula darah, kolesterol, dan elektrolit.

Imunolog
Metode yang digunakan Generasi IV Electrochemiluminescence Immunoassay (ACLIA). Kemaampuan pemeriksaan 86 test/jam. Keunggulan alat ini memiliki sensitivitas dan spesivitas yang tinggi, menggunakan dispossible tip sehingga kontaminasi dapat dihindari. Parameter pemeriksaan immunologi meliputi:
– hepatitis
– TORCH
– Petanda tumor
– Endokrin
– Fertilitas
– Alergi

scroll to top