Thursday , 23 November 2017

Info Terbaru

Mengkonsumi Gula Dalam Diet yang Seimbang dan Sehat

January 16, 2015 2:39 pm Category: Artikel Kesehatan

gula

Di era dimana program diet menjadi sebuah trend tersendiri di kalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia, gula sering dianggap sebagai musuh baru dalam dunia kesehatan. Bahan makanan yang banyak ditemui dalam berbagai macam produk makan dan minuman tersebut, mulai dihindari oleh orang-orang yang ingin menurukan berat badan mereka. Akan tetapi, fakta bahwa gula bisa ditemui bahkan di dalam buah-buahan, sayuran dan jenis makanan sehat lain, menimbulkan pertanyaan apakah gula harus benar-benar dihindari oleh orang-orang yang ingin melakukan program diet.

Gula sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti, glukosa, fruktosa, laktosa, maltosa dan juga sukrosa. Beberapa jenis dari zat manis tersebut terdapat secara alami dalam sayuran dan buah-buahan, akan tetapi banyak juga produk makanan yang kita temui sekarang ini menggunakan gula tambahan yang difungsikan sebagi penguat rasa. Jenis gula yang terakhir tersebutlah yang banyak menimbulkan kontroversi saat ini.

Banyak ahli menyampaikan pendapatnya tentang hal tersebut, namun salah satu opini yang cukup menarik untuk disimak, datang dari ahli Biokimia Universitas Birmingham, Leah Fitzsimmons, yang mengatakan bahwa sangat sulit menghilangkan gula dari program diet. Alasan yang disebutkan karena tidak akan ada banyak opsi makanan tersisa bagi kita jika menghindari semua makanan yang mengandung gula. Hanya menyisakan daging dan makanan berlemak lain sebagai sumber makanan, tidak akan membuat tubuh kita menjadi sehat.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita ingin menciptakan pola makan yang seimbang dan sehat? Saran dari pakar gizi Dr. Alison Boyd, mungkin bisa dijadikan bahan acuan. Direktur Sugar Nutrition UK tersebut mengatakan bahwa sebagai salah satu sumber kalori, gula juga bisa dijadikan bagian dari diet yang seimbang dan sehat. Dr Boyd juga menambakan bahwa rasa manis yang ditawarkan dari gula bisa membantu membuat makanan-makanan sehat menjadi lebih nikmat, sehingga pada akhirnya memberikan banyak variasi bagi kita dalam memilih menu diet.

Berikut adalah tips-tips yang bisa digunakan dalam mengkombinasikan gula dalam diet anda:

  • Mengganti produk-produk minuman manis dengan yang sugar free ataupun rendah kalori.
  • Pilihlah makanan yang mengandung kadar gula paling rendah dengan cara melihat label gizi pada tiap produk.
  • Dalam resep masakan yang menggandung gula, lebih baik diganti oleh bumbu- bumbu alami atau extrak rasa, seperti: kayu manis, jahe, almond, vanilla dan lain lain.
  • Kurangi jumlah gula yang biasa anda gunakan dalam minuman atau makanan favorit anda, seperti: kopi, teh, sereal dan lain-lain.

Tidak ada aturan yang baku bagi tiap orang dalam memilih menu diet mereka, mengikuti anjuran ahli gizi atau dokter bisa jadi opsi paling tepat. Namun, satu hal yang paling penting bagi mereka yang serius ingin menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan mereka adalah melakukan program diet yang seimbang, sehat dan tidak melupakan aktifitas dalam kehidupan sehari hari.

Sumber: Medical News Today

Sumber Gambar : http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/europe/netherlands/10314705/Sugar-is-addictive-and-the-most-dangerous-drug-of-the-times.html

Mengkonsumi Gula Dalam Diet yang Seimbang dan Sehat Reviewed by on . Di era dimana program diet menjadi sebuah trend tersendiri di kalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia, gula sering dianggap sebagai musuh baru dalam dunia Di era dimana program diet menjadi sebuah trend tersendiri di kalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia, gula sering dianggap sebagai musuh baru dalam dunia Rating: 0

Comments (1)

  • melilea

    mantaaapp

Leave a Comment

scroll to top