Tuesday , 24 September 2019

Miokarditis

November 19, 2014 5:55 am Category: Artikel Kesehatan

Jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terjadi kerusakan di dalamnya akan sangat berbahaya, dan harus dilakukan pengobatan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Ada beberapa penyakit yang menyerang otot jantung yang diakibatkan suatu infeksi, diantaranya yaitu miokarditis. Miokarditis yaitu keradangan pada otot jantung.

Miokarditis dapat disebabkan oleh penyakit reumatik akut dan infeksi virus seperti cocksakie virus, difteri, campak, influenza, poliomyelitis, dan berbagai macam bakteri, rikettsia, jamur, dan parasit. Miokarditis dapat menyerang semua umur. Sebagian dapat sembuh spontan. Miokarditis sering disertai keradangan pada perikard ( selaput pembungkus jantung). Merupakan penyebab kematian mendadak + 20% dari kasus, pada dewasa < 40 th.

Gambaran biopsi otot jantung dimana sel otot jantung diinfiltrasi oleh sel-sel radang.

Kerusakan otot jantung oleh kuman-kuman infeksius dapat melalui tiga mekanisme dasar sebagai berikut:

  1. Invasi langsung ke sel otot jantung.
  2. Proses imunologis pada sel otot jantung.
  3. Keluarnya toksin oleh kuman yang merusak sel otot jantung.

Proses miokarditis viral ada dua proses:

  1. Fase pertama (akut) berlangsung kira-kira satu minggu dimana terjadi invasi virus ke miokardium ( sel otot jantung), replikasi virus, dan lisis sel. Kemudian terbentuk neutralizing antibody dan virus akan dibersihkan atau dikurangi jumlahnya dengan bantuan makrofag dan natural killer cell ( sel NK).
  2. Fase kedua miokardium akan diinfiltrasi oleh sel-sel radang dan system imun akan diaktifkan antara lain dengan terbentuknya antibody terhadap miokardium, akibat perubahan permukaan sel yang terpajan oleh virus. Fase ini berlangsung beberapa minggu sampai beberapa bulan dan diikuti kerusakan miokardium dari yang minimal smpai berat.

Enterovirus sebagai penyebab miokarditis viral juga merusak sel-sel endotel sehingga membentuk antibodi endotel yang menyebabkan spasme mikrovaskuler. Hal tersebut menyebabkan proses berulang antara obstruksi dan reperfusi yang mangakibatkan larutnya matriks miokardium dan habisnya otot jantung secara fokal, rontoknya serabut otot, dilatasi jantung, dan hipertrofi miosit yang tersisa. Akhirnya proses ini mengakibatkan habisnya kompensasi mekanis dan biokimiawi yang berakhir dengan payah jantung.

Gejala klinis dari miokarditis tidak terlalu khas, jarang menyebabkan pembesaran jantung, dan payah jantung. Miokarditis yang disebabkab reuma akut disertai gejala berat. gejala yang sering ditemukan antara lain:

  1. Takikardia ( peningkatan denyut nadi)
  2. Bunyi jantung melemah.
  3. Gangguan irama jantung: supra ventricular dan ventricular.
  4. Gagal jantung.

Bila tanda dari infeksi lain seperti payah jantung kanan, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung katup, penyakit jantung koroner, dll, maka diagnosis penyakit jantung perlu dipikirkan ke miokarditis. Sukar dibedakan dengan kardiomiopati, namun pemeriksaan EKG, histology, dan mikroskop serta imunofluoresensi dapat membantu penegakan diagnosis.

Penatalaksanaan dari miokarditis dapat dilakukan tirah baring sampai keadaan membaik, dapat juga diberi analgetik untuk mengurangi nyeri. Kortikosteroid dapat diberikan untuk mengontrol gejala dan mencegah efusi perikard. Jika terdapat perikarditis akibat tuberculosis maka dapat diberikan terapi TB. Dan bila kondisi pasien sudah membaik, aktivitas harus ditingkatkan bertahap, namun bila masih nyeri, demam, atau friction rub kembali muncul, pasien harus segera kembali tirah baring.

Ditulis Oleh : Imam Sulestiyo

Miokarditis Reviewed by on . Jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terjadi kerusakan di dalam Jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terjadi kerusakan di dalam Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top