Thursday , 21 September 2017

Info Terbaru

Pelatihan PONEK di Rumah Sakit Universitas Airlangga

March 18, 2015 6:48 am Category: Agenda & Event, Slideshow

PELATIHAN PONEK
(PELAYANAN OBSTETRI DAN NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF)
 

Penulis : Kartika Dewi Purnamasari, S.Keb.,Bd.
Editor : Muhammad Ilham Aldika Akbar, dr.,Sp.OG
 Surabaya, 13 Maret 2015

ponek 2015-1(Dokumen Pribadi : Direktur Utama RSUA, Koordinator P2KT, Ketua PONEK RSUA dan peserta pelatihan)

Dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi, WHO mencanangkan program Safe Motherhood  yang mempunyai slogan  Making Pregnancy Safer (MPS), di dalamnya terdapat 4 pilar penting salah satunya adalah Pelayanan Obstetrik Neonatal Esensial/Emergensi yang bertujuan untuk menjamin tersedianya pelayanan esensial pada kehamilan risiko tinggi dengan gawat-obstetrik, pelayanan emergensi untuk gawat-darurat-obstetrik dan komplikasi persalinan pada setiap ibu yang membutuhkannya.

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan kemudian mengembangkan program tersebut dengan rangkaian paket pembelajaran dan pelatihan yaitu PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif) dan PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar) yang bertujuan meningkatkan para profesional di bidang pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan tinggi kepada ibu, bayi baru lahir, dan anak.

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) bekerja sama dengan Tim P2KT (Pusat Pelatihan Klinik Tersier) Surabaya sesuai dengan anjuran Kementrian Kesehatan tersebut kemudian mengadakan pelatihan terpadu PONEK untuk satu Tim Medik RSUA dengan tujuan rumah sakit mampu mempunyai kinerja sesuai standar yang semestinya. Keunikan dari program ini adalah adanya supervisi berjenjang dari pelatih terhadap rumah sakit/tim PONEK yang disebut On The Job Training (OJT).

 Pelatihan ini telah diadakan pada hari Senin, tanggal 09 Maret 2015 sampai dengan hari Kamis, tanggal 12 Maret 2015 bertempat di RSUA. Tim pelatih dari P2KT Surabaya merupakan para stakeholder yang sangat ahli dalam bidangnya, baik maternal maupun neonatal. Pesertanya adalah tim medik RSUA terdiri dari Dokter Spesialis Obgyn, Dokter Spesialis Anak, Dokter Umum, Perawat dan Bidan yang mencakup unit IGD, Kamar Operasi, ICU, NICU, kamar bersalin, instalasi rawat inap Obgyn, Poli anak dan Poli Obgyn.

PELATIHAN PONEK 2015

(Dokumen Pribadi : Workshop Kondom Kateter dalam penanganan perdarahan pasca persalinan, materi Maternal).

Pada hari pertama acara ini didahului dengan sambutan dari ketua PONEK RSUA oleh M. Ardian Cahya Laksana, dr.,Sp.OG kemudian dilanjutkan dengan sambutan Koordinator P2KT Surabaya H.Bambang Trijanto, dr., Sp.OG(K) dan pelatihan ini dibuka langsung oleh Direktur Utama RSUA, Prof.H.Muh.Dikman Angsar, dr.,Sp.OG(K). Materi yang disajikan oleh Stakeholder berbasis evidence based dan mengacu pada keilmuan terbaru sehingga berpengaruh dalam memberikan pelayanan kesehatan saat ini. Selain materi yang disampaikan dengan metode kuliah pelatih juga memberikan workshop sehingga peserta dapat mempraktikkan langsung materi yang telah didapat. Di dalam pelatihan tersebut peserta mendapatkan fasilitas berupa modul Pembelajaran dan modul panduan OJT. Setelah 3 hari berturut-turut peserta berada di kelas pelatihan, pada hari terakhir peserta melakukan On The Job Training dengan menganalisa/supervisi kebutuhan Rumah Sakit terkait dengan pelayanan Kesehatan Ibu, bayi baru lahir dan anak.

PELATIHAN PONEK 2015

(Dokumen Pribadi : Peserta dilatih Metode Kanguru dalam materi Neonatal)

 Dengan diadakannya pelatihan PONEK ini diharapkan RSUA mempunyai tenaga kesehatan yang lebih berkualitas sehingga menjadi rumah sakit yang mempunyai pelayanan kesehatan yang bermutu terutama dalam kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak serta dapat merealisasikan program WHO dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi. (Diklat/KD).

PELATIHAN PONEK 2015

(Dokumen Pribadi : Koordinator P2KT Surabaya, H. Bambang Trijanto, dr., Sp.OG(K))

Pelatihan PONEK di Rumah Sakit Universitas Airlangga Reviewed by on . PELATIHAN PONEK (PELAYANAN OBSTETRI DAN NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF)   Penulis : Kartika Dewi Purnamasari, S.Keb.,Bd. Editor : Muhammad Ilham Aldika Ak PELATIHAN PONEK (PELAYANAN OBSTETRI DAN NEONATAL EMERGENSI KOMPREHENSIF)   Penulis : Kartika Dewi Purnamasari, S.Keb.,Bd. Editor : Muhammad Ilham Aldika Ak Rating: 0

Comments (3)

  • nhysa

    Butuh info untuk pelatihan PONEK dalam waktu dekat ini. Terima kasih

  • knhysa

    Mohon info untuk pelatihan ponek dalam waktu dekat ini.Terima kasih

  • Sita

    Mohon info jadwal pelatihan ponek di semarang

Leave a Comment

scroll to top