Tuesday , 24 September 2019

RS UNAIR RAYAKAN HARI ANAK SEDUNIA BERSAMA PASIEN RAWAT INAP PEDIATRI

August 7, 2019 9:06 am Category: Agenda & Event, Berita & Informasi, Slideshow

RS UNAIR – Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS UNAIR) turut merayakan Hari Anak Nasional dengan cara yang unik. Selasa (06/08/2019) ,  mengusung tema Hari Anak Nasional 2019 “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira”RS UNAIR merayakan Hari Anak Nasional lewat berbagai kegiatan yang menarik diantaranya adalah pertunjukan operet dengan tema“ Adek Sakit”, lomba kolase gambar, senam ceriadan juga ada seminar awam  “Mitos atau Fakta Seputar Kesehatan Anak” oleh dr. Robby Nurhariansyah, Sp.A dan “Pola Asuh Bayi dan Anak untuk mengoptimalkan Tumbang Bayi dan Anak “ Dr Irwantodr., Sp.A(K). Kegiatan ini dikoordinasi  oleh rawat inap pediatri, perina, NICU dan PICU RS UNAIR dengan peserta pasien rawat inap pediatri di RS UNAIR.

Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 juli 2019,   tujuan RS UNAIR menyelanggarakan kegiatan ini  menurut dr Robby Nurhariansyah, Sp.A   adalah untuk mengajak orang tua, khususnya ibu-ibu juga bapak-bapak untuk bermain dengan anak. Agar tidak melupakan  bahwa naluri seorang anak  adalah bermain. Dan yang tidak disadari adalah dengan mengajak anak-anak itu bermain kita memberikan nilai-nilai positif yang secara tidak langsung akan meningkatkan kesembuhan si kecil kata Robby.

orang tua mendampingi anak membuat kolase gambar

Selain itu, menurut dr Robby, SpA  “Kebetulan disini kita memiliki rawat inap pediatri, dimana terkadang kita menemukan beberapa fakta sekalipun ini jarang, bahwa pasien tersebut yang menunggu bukan orang tuanya sendiri. Orang tuanya juga sibuk dengan kesibukan mereka sendiri. Sehingga melupakan bahwa si kecil ini adalah yang paling penting bagi mereka. Mereka sering mengacuhkan, seperti contohnya beberapa kasus di Indonesia, masih banyak anak yang masih belum memiliki akta kelahiran”,ucapnya . “Kemudian masih terbatasnya wadah partisipasi anak yang melibatkan anak-anak dalam setiap proses pembangunan di Indonesia, termasuk suatu rumah sakit harus memiliki pojok bermain dimana kita sudah memiliki di RS UNAIR,”kata Robby.

Pertunjukan operet “Adek Sakit” oleh perawat pediatri

Selain serangkaian kegiatan diatas, terdapat juga pembagian hadiah kepada para peserta yaitu pasien pediatri RS UNAIR. Pembagian hadiah ini menurut dr Robby, SpA bertujuan untuk memberikan contoh pemberian reward kepada anak. “Hal ini yang sering orang tua lupakan, jika anaknya salah dibentak bahkan dipukul tapi jika anaknya berbuat baik kita sangat susah memberikan pujian, padahal selain membutuhkan perlindungan anak dalam keluargamerekajuga membutuhkan penghargaan,” tegas Robby. Dimana hal tersebut  juga merupakan beberapa topik yang diangkat pada Hari Anak Nasional 2019.

Penyerahan hadiah pemenang lomba kolase

Salah satu pasien rawat inap pediatri, Narendra, mengatakan senang mengikuti kegiatan Hari Anak Nasional RS UNAIR. Hal ini juga dipertegas oleh neneknya yang sedang  mendampingi pasien “ Bagus sekali acara ini untuk memacu anak-anak agar senang  dan kami  sebagai keluarga pasien juga merasakan pasien mendapat perhatian khusus dari pihak RS UNAIR, dan nanti kan kalo anaknya sudah sembuh pasti akan bercerita ke teman-temannya, nah yang diceritakan bukan sakitnya tapi cerita alangkah senangnya mengikuti acara disini”. Hal yang serupa juga diutarakan oleh ibunda stefani peserta lain yang sedang mendampingi putrinya membuat kolase gambar, “Acaranya menarik dan bagus, saya juga kaget ada acara seperti ini di rumah sakit, anak juga merasa senang,sakit perutnya langsung hilang dan sejenak lupa akan sakitnya” kata Ibunda Stefani.

RS UNAIR RAYAKAN HARI ANAK SEDUNIA BERSAMA PASIEN RAWAT INAP PEDIATRI Reviewed by on . RS UNAIR - Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS UNAIR) turut merayakan Hari Anak Nasional dengan cara yang unik. Selasa (06/08/2019) ,  mengusung tema Har RS UNAIR - Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS UNAIR) turut merayakan Hari Anak Nasional dengan cara yang unik. Selasa (06/08/2019) ,  mengusung tema Har Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top