Tuesday , 24 September 2019

RS UNAIR SEMARAKKAN PEKAN ASI SEDUNIA 2019

August 14, 2019 3:17 pm Category: Agenda & Event, Berita & Informasi, Slideshow

RS UNAIR – ­­Menyemarakkan Hari Pekan ASI sedunia yang jatuh pada minggu pertama di bulan Agustus, RS Universitas Airlangga (RS UNAIR)  turut menggelar Hari Pekan ASI yang dilaksanakan sejak tanggal 12-16 Agustus 2019. Kegiatan rutin tahunan ini di koordinasi  oleh bidan RS UNAIR. Mengusung tema “Ayo Dukung Ibu Sukses Menyusui” , RS UNAIR menggelar serangkaian kegiatan yang menarik meliputi,  photo contest, konsultasi ASI gratis, dan juga penyuluhan dan diskusi ASI bersama pakar ASI RS UNAIR.

Kegiatan konsultasi ASI gratis RS UNAIR berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 12-16 Agustus 2019 di poli Anak RS UNAIR. Disini pasien bisa bebas berkonsultasi seputar ASI dengan para konselor ASI RS UNAIR yakni dr Enny Zuraida, SpA, Nurul Alviana, S.Keb, Bd dan juga Maria Ulfa, S.Keb, Bd. Maria Ulfa, S.Keb, Bd, salah satu konselor ASI RS UNAIR mengatakan, mayoritas ibu-ibu berkonsultasi terkait tips untuk memperlancar ASI, cara ibu yang bekerja agar tetap bisa memberi ASI pada bayi, kemudian ada juga ada ibu yang ingin menyusui ulang atau relaktasi, jadi yang sudah berhenti ASI kemudian ingin menyusui lagi.

Berlokasi di ruang tunggu poli anak, berlangsung pula acara Penyuluhan dan Diskusi ASI bersama pakar ASI RS UNAIR, Diah Sukmawati, S.Kep, Ns (14/8). Penyuluhan dan diskusi ini mengusung tema “ Peran Orang Tua dalam meng-ASI-hi”. Para peserta penyuluhan tampak antusias mengikuti penyuluhan dan diskusi ASI. Sembari menunggu pelayanan poliklinik pasien yang berada di ruang tunggu bisa mendapatkan pengetahuan terkait seberapa besar peran orang tua dan keluarga dalam memberikan ASI kepada anak.  Selain itu ada pula  doorprize dalam sesi mitos atau fakta bagi para peserta yang mengikuti penyuluhan dan diskusi tersebut.

Penyuluhan dan Diskusi ASI di ruang tunggu poli anak RS UNAIR

Salah satu peserta penyuluhan, Ibu Sulis, mengaku senang karena mendapatkan ilmu dari acara ini.  Sulis, rencana berkunjung ke poli anak untuk memeriksakan Eza bayinya. “Acara ini bagus karena ASI sendiri kan penting bagi tumbuh kembang anak, jadi penyuluhan ini sebagai support agar ibu-ibu mau menyusui anaknya”, kata sulis. Sebagai ibu yang juga bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi di Surabaya, Sulis mengaku pro ASI, “kebetulan saya ada pompa asi yang double pump dan Alhamdulillah tempat kerja saya juga fleksibel jadi nanti kalau bekerja saya bisa ijin untuk pompa ASI karena ada pojok laktasi juga ditempat kerja” , imbuh sulis. Hal ini di dukung pula oleh anggota keluarganya ibu Amanah yaitu nenek bayi yang sedang mendampinginya, “ya harus diberi semangat terus untuk menyusui meskipun gak keluar awalnya tetap harus disusui terus nanti lama-lama keluar banyak ASI nya”, kata Amanah. “Nanti kalau ibunya kerja saya pakai stok ASIP yang dikulkas, saya sudah tau caranya”, imbuh Amanah.

Bidan dan perawat sedang berfoto untuk acara photo contest di photobooth RS UNAIR

Selain acara tersebut terdapat juga Photo Contest di photobooth yang disediakan di lobi utama RS UNAIR, nantinya para peserta diwajibkan berfoto dengan pose unik dan caption menarik yang harus di upload Instagram periode 12-15 Agustus 2019. Dari foto-foto yang sudah di upload akan dipilih juara pada tanggal 16 Agutus 2019 untuk mendapatkan hadiah menarik.

Menurut Maria, kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun oleh bidan RS UNAIR ini bertujuan untuk mendukung RS UNAIR sebagai rumah sakit pro ASI untuk menjalankan program keberhasilan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM).  Disamping mendukung 10 LMKM, RS UNAIR juga memiliki Kelas Pro ASI (KP ASI) yang sudah berjalan sejak Januari 2019. Kegiatan KP ASI ini biasanya diadakan pada minggu ke-3 setiap bulan di JL Klampis Ngasem no.31 Surabaya, kata maria. Selain itu, RS UNAIR juga memiliki pojok-pojok laktasi yang bisa digunakan oleh staff atau pengunjung.

RS UNAIR SEMARAKKAN PEKAN ASI SEDUNIA 2019 Reviewed by on . RS UNAIR - ­­Menyemarakkan Hari Pekan ASI sedunia yang jatuh pada minggu pertama di bulan Agustus, RS Universitas Airlangga (RS UNAIR)  turut menggelar Har RS UNAIR - ­­Menyemarakkan Hari Pekan ASI sedunia yang jatuh pada minggu pertama di bulan Agustus, RS Universitas Airlangga (RS UNAIR)  turut menggelar Har Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top